Definisi Internet dan Internet Untuk Multimedia - Tekno

Breaking

Berita teknologi informasi dan komunikasi, membahas tentang dunia internet, game, social media, software dan hardware komputer, serta lainnya.

Senin, 18 November 2019

Definisi Internet dan Internet Untuk Multimedia

Pengertian Internet

Internet adalah sebuah jaringan global dari jaringan komputer yang menghubungkan sumberdaya-sumberdaya bisnis, pemerintah, dan institusi pendidikan menggunakan protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani milyaran pengguna diseluruh dunia. Dari sekitar 50 juta pemakai di tahun 1997 akan mengalamai peningkatan menjadi 750 juta pemakai pada tahun 2007 (Turban dkk, 2002). Peralatan tanpa kabel yang mengakses Internet dan integrasi televisi dan komputer akan menjadikan Internet dapat mencapai setiap rumah, lembaga bisnis, sekolah, pemerintah, dan organisasi lainnya.


Rangkaian Internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking (antarjaringan). Internet pada awalnya merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Internet Untuk Multimedia

Aplikasi-aplikasi multimedia Internet dikategorikan menjadi 3 kategori, yaitu pencarian, komunikasi dan kolaborasi. Pencarian meliputi "browsing" dan pengambilan informasi. Pemakai mempunyai kemampuan untuk melihat dokumen dan men-download apa saja yang mereka butuhkan.

Internet juga menyediakan saluran komunikasi relatif murah dan cepat yang menjangkau pesan yang ditayangkan pada papan buletin, sampai pertukaran informasi kompleks di antara organisasi satu dengan organisasi lainnya.

Aplikasi kolaborasi dapat digunakan dalam konferensi jarak jauh dan layar bersama pada sistem yang mendukung grup. Beberapa tool kolaborasi yang disebut "groupware" dapat digunakan pada Internet dan jaringan lainnya. Misalnya, Lotus Notes, Novell Group Wise, Microsoft Exchange dan Netscape Communicator mendukung kolaborasi lewat e-mail, group diskusi dan databes, penjadwalan, manajemen penugasan, data, konferensi audio dan video.

Fasilitas yang tersedia di Internet pada dasarnya terdiri dari layanan e-mail, bulletin board service (Network News), file transfer (FTP), remote login (telnet), information browsing (Gopher), advanced browsing (WWW), automated title search (Archie, Veronica), automated contents search (WAIS), komunikasi audio dan video sampai teleconferencing.

E-mail atau electronic mail (surat elektronik) memiliki persamaan fungsi dengan Pos dan Giro. Perbedaan antara keduanya terletak pada media penyampai pesan. Kalau Pos dan Giro lewat kurir Pos, sedangkan e-mail lewat jaringan elektronik, dan pesan dikemas dalam sinyal-sinyal elektronik. Disamping itu e-mail lebih cepat sampai kepada tujuan serta dapat mentransfer dan menerima salinan file dan dokumen, misalnya grup-grup diskusi elektronik, jurnal-jurnal elektronik, newsgroup elektronik dan dapat pula memperoleh salinan secara gratis software komputer, dan multimedia di Internet. E-mail atau electronic mail dulu dirancang agar dua manusia dapat berkomunikasi lewat komputer. Maka software e-mail pertama cuma menyediakan fasilitas dasar.

Seorang pemakai dapat menggunakan sebuah komputer untuk mengetik suatu pesan, lalu mengirimkannya melalui Internet ke orang yang menggunakan komputer lain. Namun, sistem e-mail mutakhir sudah menyediakan komunikasi dan interaksi yang jauh lebih kompleks. Misalnya dipakai untuk mengirim satu pesan sekaligus ke banyak pemakai atau untuk mengirim sebuah pesan yang berupa suara, teks, video dan grafis. Atau untuk mengirim sebuah pesan ke satu pemakai di jaringan yang ada di luar Internet atau mengirimkan pesan yang kemudian dijawab oleh program komputer. Secara umum bentuk pesan dari e-mail terdiri dari dua bagian, yaitu header dan body.

Header terdiri dari:
  • From: alamat pengirim e-mail
  • To: alamat tujuan e-mail
  • Subject: perihal berita yang dikirim
Body terdiri darI:
  • Isi berita: pesan yang hendak disampaikan
Bulletin board service (Network News) inilah layanan yang paling terkenal di Internet. Layanan bulletin board memungkinkan pemakai individual melakukan berbagai kegiatan seperti:
  • Memilih satu grup dikusi atau lebih yang dianggap menarik.
  • Secara berkala mengecek untuk menentukan apakah item berita baru muncul di diskusi dan jika ada, hendak membaca semua atau beberapa bagian di antaranya.
  • Mengeposkan suatu nota ke grup dikusi untuk dibaca peng-akses lainnya.
  • Mengeposkan suatu nota untuk menjawab item yang ditulis orang lain.
Layanan Internet yang juga menarik adalah transfer file secara elektronis, yaitu FTP. FTP (File Transfer Protocol) digunakan untuk men-transfer satu salinan file dari sebuah disk di sebuah komputer ke komputer lain melalui Internet. Untuk bisa menggunakan FTP, pemakai harus mengaktifkan aplikasi FTP di komputer lokalnya. Caranya serupa dengan menggunakan telepon. Pemakai memanggil komputer remote dan menginstruksikan FTP untuk membentuk koneksi. Setelah koneksi terbentuk, pemakai dapat langsung berinteraksi dengan komputer remote. Si pemakai kemudian bisa mengambil daftar file yang ada di komputer remote atau file-file tertentu. Setelah langkah interaksi tersebut mengharuskan pemakai untuk memasukkan satu perintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar