Bahasa Pemrograman Assembly - Tekno

Breaking

Berita teknologi informasi dan komunikasi, membahas tentang dunia internet, game, social media, software dan hardware komputer, serta lainnya.

Senin, 18 November 2019

Bahasa Pemrograman Assembly

Assembly

Assembly atau bahasa rakitan adalah bahasa pemrograman tingkat rendah lebih dekat hubungannya dengan mesin yang digunakan dalam pemrograman komputer, mikroprosessor, pengendali mikro, dan perangkat lainnya yang dapat diprogram. Maka bahasa ini disebut juga Machine Oriented, misalnya Assembly. Bahasa ini merupakan bahasa cepat yang digunakan dalam banyak sistem multimedia, khususnya "game", contohnya Nintendo Entertainment System (NES), Super Nintendo Entertainment System (SNES), Game Boy, SEGA's Saturn dan Genesis.



Bahasa Assembly mengimplementasikan representasi atas kode mesin dalam bentuk simbol-simbol yang secara relatif lebih dapat dipahami oleh manusia. Berbeda halnya dengan bahasa-bahasa tingkat tinggi yang berlaku umum. bahasa Assembly biasanya mendukung secara spesifik untuk suatu ataupun beberapa jenis arsitektur komputer tertentu. Dengan demikian, portabilitas bahasa Assembly tidak dapat menandingi bahasa-bahasa lainnya yang merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi. Namun, bahasa Assembly memungkinkan programmer untuk memanfaatkan secara penuh kemampuan suatu perangkat keras tertentu yang biasanya tidak dapat ataupun terbatas bila dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi.

Pada bahasa Assembly, programmer umumnya menggunakan sebuah program utilitas yang disebut perakit yang digunakan untuk menerjemahkan kode dalam bahasa rakitan tersebut ke dalam kode mesin untuk perangkat keras tertentu. Sebuah perintah dalam bahasa Assembly biasanya akan diterjemahkan menjadi sebuah instruksi mnemonic dalam kode mesin, berbeda halnya dengan kompiler pada bahasa pemrograman tingkat tinggi yang menerjemahkan sebuah perintah menjadi sejumlah instruksi dalam kode mesin.

Assembly mempunyai kemampuan besar untuk menyelesaikan masalah spesifik yang kritis terhadap waktu. Bahasa ini lebih cepat dalam mengerjakan sesuatu, karena bahasa lain berlaku sebagai "buffer layers" terhadap instruksi Assembly. Assembly berkomunikasi langsung dengan instruksi processor. Bahasa Assembly tetap digunakan dalam konsul generasi terbaru dan peralatan yang melekat karena kecepatannya. Ada beberapa variasi berbeda dari bahasa Assembly :
  • 80x86 atau i86 : Assembly berbasis Intel
  • 68000 : Assembly berbasis komputer Apple (Macintosh, dsb)
  • Z80 : Digunakan untuk program game Nintendo Game Boy
  • SH-2 : Digunakan dalam SEGA Saturn
  • ASM : Digunakan untuk Game Boy tingkat lanjut
  • MIPS : Digunakan untuk game Pocket PC
Game dijalankan dalam beberapa platform, antara lain platform Play Station, platform Nintendo (GCN), platform Dreamcast, platform Xbox, platform PC dan platform online.
 
Sumber:
  • Buku Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Multimedia (M.Suyanto) 
  • Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar