KARIR DAN PELUANG USAHA DALAM BIDANG MULTIMEDIA - Tekno

Breaking

Berita teknologi informasi dan komunikasi, membahas tentang dunia internet, game, social media, software dan hardware komputer, serta lainnya.

Rabu, 16 Oktober 2019

KARIR DAN PELUANG USAHA DALAM BIDANG MULTIMEDIA

KARIR DALAM BIDANG MULTIMEDIA

Siapapun yang ingin belajar, mengajar, bekerja, bermain, menyediakan jasa, membeli atau menjual sesuatu di dalam masyarakat informasi perlu mengetahui multimedia. Bayangkan saja bila kita tidak tahu apa-apa tentang multimedia. Misalnya saja, Anda adalah seorang wartawan yang tidak dapat membuat dokumen hypermedia, tidak dapat mengirimkannya melalui jaringan, maka berapa lama kira-kira Anda bisa boleh tetap bekerja? Bagaimana paramedis yang tidak dapat meng-upload gambar luka pasien dan tidak dapat memberi rekomendasi tentang bagaimana merawatnya? Atau seorang arsitek atau desainer yang tidak dapat menggunakan komputer untuk melakukan simulasi dan pemecahan masalah tentang karyanya, sebelum direalisasikan atau dibangun? Atau pedagang besar yang tidak tahu bagaimana mengiklankan lewat internet? Atau para pebisnis yang tidak dapat mengakses data perusahaan yang diperlukan untuk mengambil keputusan yang tepat? Atau pemerintah tanpa teknologi yang diperlukan untuk mendeteksi dan mencegah agresi negara lain?

Karir di bidang Multimedia sangat luas, antara lain di bidang pemasaran, animasi, perekaman CD/DVD, perencanaan kontruksi multimedia, desain isi multimedia, electronic publishing, editor elektronik, desain fasilitas multimedia, front-ending, desain game, desain grafik, desain instruksional, desain interface, desain kios, pelayanan online, desain presentasi, public relations, pemasaran real estate, scienfic modelling, desain layar, penulis naskah dan story board, simulasi, sound track, special effects, pelatihan, travel system, produksi video, virtual reality dan webmaster.

ANEKA PELUANG USAHA LULUSAN MULTIMEDIA

1. ILUSTRATOR
Ilustrator merupakan salah satu pekerjaan bidang multimedia yang menyediakan jasa gambar ilustrasi pada media koran, majalah, buku, website, biro periklanan, dan lainnya. Selain bisa bekerja sendiri sebagai bisnis perseorangan (self employer), pekerjaan ilustrator juga bisa dikerjaan secara bersama-sama atau teamwork dimana para tim yang tergabung didalamnya bisa memiliki peran masing-masing.

2. KOMIKUS
Seperti ilustrator, komikus juga bekerja dengan gambar-gambar. Perbedaan yang paling menonjol dari komik dan ilustrasi adalah ilustrasi lebih banyak menggambarkan sebuah kejadian tertentu saja dan hanya berdiri sebagai gambar pelengkap, namun komik bisa berdiri sendiri dan biasanya dapat memuat cerita yang lebih kompleks.

3. ANIMATOR
Animator akan lebih banyak bekerja dengan gambar-gambar gerak (animasi), berbanding terbalik dengan ilustrator dan komikus. Seiring berkembangnya teknologi, produk animasi saat ini tidak hanya terbatas pada pembuatan animasi dua dimensi (2D) saja, namun juga animasi tiga dimensi (3D) yang dapat diaplikasikannya pada karya-karya film, iklan televisi, game, dan lain-lain.

4. DESAINER
Diakui ataupun tidak, dari mulai kita bangun tidur sampai tidur lagi kita tidak akan bisa pernah lepas dari karya-karya desain. Baik itu mulai dari desain produk, desain kemasan, desain iklan, dan lainnya. Karya-karya desain itu tentunya ada yang menciptakan, yakni mereka para kreator yang telah mencurahkan segala energinya sehingga muncul sebuah produk yang biasa kita pakai sehari-hari.

5. PERIKLANAN
Periklanan merupakan salah satu sub-sektor industri kreatif yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah. Peluang usaha di bidang periklanan ini juga masih sangat luas karena hampir setiap hari para pengusaha membutuhkan media promosi dan lain-lain.

6. FOTOGRAFER
Menjadi fotografer menjadi salah satu contoh membisniskan hobi. Ada banyak pekerjaan yang terkait dengan fotografi, mulai dari dokumentasi pernikahan, dokumentasi pesta, fotografi jurnalistik, membuat foto produk, foto model, dan lain sebagainya.

Selain jenis-jenis usaha yang saya sebutkan di atas, masih banyak peluang usaha bidang multimedia karena hampir sebagian besar pekerjaan masuk dalam industri kreatif, seperti fotografi, mendirikan jasa video shooting, ikut bekerja di produksi film, stasiun televisi, pengembangan website, programmer, dan banyak lainnya.



1 komentar: